[Admin’s Note] Website Neoteker ke “Hack”?

Kalau ada yang berkunjung ke website ini kemarin (walaupun kayaknya ngga ada sih hehe) pasti melihat halaman installasi awal untuk WordPress. Yap, kemarin website Neoteker tidak bisa diakses. Tim admin Neoteker berusaha mempelajari apa penyebab website tercinta ini tidak bisa diakses dan hanya muncul halaman install WordPress.

Berapa asumsi sempat kita buat, salah satunya adalah asumsi yang penuh percaya diri bahwa website Neoteker ini di “hack” sebagai bagian dari aksi serangan “hacker” Bangladesh yang seharian kemarin menjadi pembicaraan dimana-mana. Tetapi setelah mempertimbangkan bahwa website ini tidak penting-penting banget untuk jadi target serangan, kita pun membuat asumsi lain, yaitu ada kesalahan teknis yang disebabkan salah administrasi website. Pemeriksaan atas log website pun dilakukan. Hasilnya, kita tidak menemukan sesuatu yang aneh. Tidak ditemukannya hal yang aneh, tentunya menjadikan keanehan itu sendiri.

Setelah beberapa asumsi yang kami perkiranan tidak ada yang terbukti, satu-satunya alasan kenapa website ini down hanyalah adanya kesalahan teknis dari webhosting provider tempat web Neoteker ini di-host. Tampaknya ini adalah asumsi yang paling benar. Setelah kami mengirimkan support request, per hari ini website kesayangan kita semua ini kembali bisa diakses.

Kira-kira update dari kami seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *