Bandwidth Management di Google Chrome Mobile Edition

Tanggal 15 Januari 2014 yang lalu, Google kembali meluncurkan inovasi terbaru untuk pengguna browser Google Chrome di perangkat bergerak/smartphone. Kali ini yang diluncurkan adalah bandwidth management yang berdasarkan keterangan Google dapat mereduksi penggunaan data internet pada saat melakukan browsing sampai dengan 50%. Secara teknis pada dasarnya fitur bandwidth management ini menggunakan proxy server milik Google di mana proxy server Google secara aktif dan terus menerus melakukan kompresi dan optimisasi sehingga dalam prosesnya anda tidak langsung berhubungan dengan website yang anda akses, melainkan melalui proxy server milik Google tersebut terlebih dahulu.

Dengan adanya kompresi dan optimisasi website melalui proxy server Google, website yang anda kunjungi dapat terakses lebih cepat dan bahkan kompresi yang dilakukan oleh Google juga sampai ke tayangan gambar yang berbasis JPEG dan PNG yang dikonversi oleh Google menjadi format Google’s WebP.

Keunggulan lain menggunakan fitur ini di Google Chrome mobile adalah selain mereduksi penggunaan data internet anda juga akan terhindar dari kemungkinan mengakses website yang mengandung malware, karna sejauh ini sistem anti-malware Google sudah cukup teruji.

Untuk menggunakan fitur tersebut, anda terlebih dahulu harus meng-download aplikasi Google Chrome Mobile,  lalu memilih opsi Settings” > “Bandwidth management” > “Reduce data usage”.

Bagi anda yang amat concern  dengan privacy dan keamanan data pribadi, menggunakan fitur ini akan sedikit mengekspos data anda, karena apa yang anda akses melalui fitur ini tentunya akan tercatat dengan baik oleh Google. Untuk itu, kebijakan anda dalam menggunakan fitur ini perlu diperhatikan secara baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *