Evernote Indonesia Meet Up

Beberapa bulan yang lalu, via twitter, saya dihubungi oleh Sartika Kurniali penulis buku “Mengingat Segalanya dengan Evernote” untuk berbagi pengalaman menggunakan Evernote. Kebetulan saya memang sudah lama sekali menggunakan Evernote untuk berbagai keperluan jadi dengan senang hati akan berbagi pengalaman menggunakan Evernote tersebut. Sebagai kelanjutan dari buku tersebut, Minggu, 17 Februari 2013,  sehari setelah peluncuran buku Mengingat Segalanya dengan Evernote, di adakan acara Evernote Indonesia Meet Up di @america, Pacific Place. Acara ini juga dihadiri Troy Malone, General Manager Asia-Pasifik Evernote.

Selain Troy Malone, ada beberapa pengguna Evernote Indonesia yang juga sharing pengalamannya menggunakan Evernote dan menceritakan bagaiman Evernote membantu mereka dalam pekerjaan sehari-hari. Ada Sandra Djohan, chef terkenal, yang biasa menggunakan Evernote untuk menyimpan resep-resep masakannya ada juga yang menggunakan Evernote sebagai media kolaborasi dalam penulisan.

Berikut beberapa foto dari acara tersebut:

Troy Malone, General Manager Asia-Pasifik Evernote

 

Sartika Kurniali, Penulis Buku Mengingat Segalanya dengan Evernote

Pembicara di acara Evernote Indonesia Meet Up

 

Oh iya, berikut ini saya kutipkan pengalaman saya menggunakan Evernote yang ada juga di dalam buku Mengingat Segalanya dengan Evernote.

Orang yang pintar bukan lah orang yang tahu segalanya, namun orang yang pintar adalah orang yang tahu dia harus mencari informasi yang dia butuhkan. Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan untuk “memperkaya” seseorang. Lebih lagi, saat ini adalah era informasi dan teknologi, semakin banyak informasi yang kita peroleh dan kita miliki, semakin besar nilai tambah diri kita.

 Dengan masuknya internet dalam kehidupan masyarakat saat ini, pencarian suatu informasi dapat dilakukan dengan mudah. Namun, perlu kita pahami bahwa mencari informasi yang berkualitas tidak lah mudah. Informasi yang kita peroleh bisa datang dari mana saja dan tentunya perlu klarifikasi, seleksi dan penelitian yang cukup sehingga informasi yang diperoleh memiliki suatu kualitas dan dapat digunakan oleh diri kita maupun oleh orang lain yang memerlukannya.
Selain mencari suatu informasi yang berkualitas, mengolah dan menyimpan informasi berkualitas merupakan hal lain yang sangat penting. Pengolahan dan penyimpanan informasi yang berkualitas menjamin kemudahan dan kecepatan bagi diri kita kala membutuhkan informasi yang sama tersebut di lain waktu.

Terkait dengan pengolahan dan penyimpanan informasi di atas, saya ingin membagi sedikit pengalaman.

 Hampir tiap hari saya berinteraksi dengan komputer dan internet, baik itu untuk keperluan pekerjaan, sekedar santai untuk membaca-baca artikel di internet maupun untuk mencari referensi penulisan blog. Banyak informasi menarik yang saya temui selama proses tersebut namun saat itu tidak atau belum saya butuhkan dan saya percayai bahwa suatu saat nanti informasi tersebut akan saya gunakan dan manfaatkan. Di sini lah saya membutuhkan suatu teknologi yang dapat membantu saya untuk mengolah dan menyimpan informasi tersebut sehingga ketika saatnya dibutuhkan, saya dengan mudah dapat mencari dan memanfaatkan informasi tersebut.
 Evernote, merupakan pilihan saya untuk membantu mengolah dan menyimpan informasi-informasi yang awalnya tidak relevan pada saat saya temukan namun akan berguna di masa mendatang. Pilihan saya menggunakan Evernote didasari pada beberapa pertimbangan, yang utama adalah Evernote tersedia untuk semua sistem informasi teknologi yang saya gunakan. Saat ini saya menggunakan PC dengan sistem operasi Microsoft Windows, iMac dengan sistem informasi Mac OS 10.8, smartphone HTC One X dengan sistem operasi android dan iPhone 4S dengan sistem informasi iOS. Selain itu, saya juga memasang Evernote extension untuk Google Chrome. Semua sistem tersebut telah didukung oleh Evernote. Komplit. Semua perangkat saya didukung oleh Evernote sehingga ketika saya membutuhkan suatu informasi, tak peduli dengan perangkat apa pun, saya bisa memperoleh informasi tersebut dengan mudah. Ini berkat fitur sikronisasi pada Evernote. Tidak ada informasi yang berbeda diantara perangkat saya.
Informasi yang tersimpan di dalam Evernote tersusun dengan rapih dan terindeks dengan baik. Penggunaan tagar (tag) dapat mempermudah kita untuk mengklasifikasi informasi. Pencarian kembali informasi yang tersimpan di Evernote juga mudah sekali karena aplikasinya dilengkapi dengan search engine yang baik.
 Selain berfungsi untuk menyimpan informasi yang saya temui selama surfing di internet, saya juga sering menggunakan Evernote pada smartphones saya untuk merekam percakapan dengan klien sewaktu meeting terkait pekerjaan. Hasil rekaman yang tersinkronisasi memudahkan saya untuk membuat notulensi meeting berdasarkan rekaman yang saya putar ulang di PC. Membuat pekerjaan saya jauh lebih mudah.

Penggunaan Evernote bagi saya tidak berhenti di situ, saya juga menggunakan produk lain dari Evernote, yaitu Evernote Food yang pada akhirnya menjadi aplikasi paling sering saya gunakan di smartphone. Saya suka sekali berwisata kuliner dan mendokumentasikan makanan dan minuman yang enak  untuk kemudian review tersebut saya share di sosial media. Cukup banyak rekan-rekan yang akhirnya ikutan menggunakan Evernote Food sejak saya sering sharing makanan dengan aplikasi ini karena memang penggunaannya juga cukup praktis.

 Demikian sedikit cerita pengalaman saya dengan Evernote dan Evernote Food. Dengan aplikasi ini, hanya kreatifitas anda lah yang menjadi batas untuk memaksimalkan penggunaannya. Tulisan ini pun ditulis menggunakan beberapa perangkat yang tersinkronisasi dengan Evernote 🙂
Ahmad Zakaria – Lawyer, IT and Gadget Blog Writer, System Administrator, Photography Enthusiast, Food Explorler and Frequent Traveler.

One Response to “Evernote Indonesia Meet Up”

Trackbacks/Pingbacks

  1. 1001 Alasan untuk Membaca Buku Mengingat Segalanya dengan Evernote | books - [...] http://neoteker.or.id/2013/02/evernote-indonesia-meet-up/ [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *