Google Wallet: “Dompet Keren dari Google”

Sebagai tindak lanjut dari peluncuran smartphone yang mendukung  teknologi NFC, google meluncurkan produk terbarunya, yaitu aplikasi Google Wallet.  Aplikasi ini  sendiri sebenarnya secara harfiah bertujuan untuk melakukan  proses digitalisasi dari dompet konvensional.

Dengan aplikasi ini, seluruh fungsi dompet konvensional rencananya dapat digantikan. Google Wallet dapat menyimpan informasi identitas anda (KTP), menyimpan informasi mengenai asuransi anda dan yang utama adalah Google Wallet ini menyimpan informasi alat pembayaran kartu anda seperti kartu debit dan kartu kredit. Bahkan kedepannya aplikasi ini direncanakan dapat digunakan sebagai pengganti tiket kereta/pesawat, sebagai backup data medical record. 

Informasi-informasi tersebut disimpan dalam bentuk digital oleh aplikasi ini, sehingga apabila diperlukan, anda hanya perlu “menempelkan” smartphone yang telah memiliki teknologi NFC ke suatu “NFC reader”  maka pada saat itu juga, informasi tersebut akan beralih dalam waktu singkat. Penerapan aplikasi ini secara nyata paling terlihat apabila digunakan sebagai alat pembayaran. Dengan aplikasi ini, anda tidak perlu menyerahkan kartu kredit anda secara fisik apabila akan melakukan pembayaran.

Berikut ini kami jabarkan secara singkat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi google wallet ini:

+ tingkat keamanan yang lebih baik dibanding dengan dompet konvensional 🙂

+ anda tidak perlu membawa banyak uang tunai apabila berpergian, sehingga mengurangi resiko uang anda dicuri orang

+ dalam melakukan pembayaran tidak ada lagi istilah “kembalian pakai permen”, karena jumlah yang dibayarkannya merupakan angka yang fix.

+ penggunaan yang praktis dan mudah

-Sayang sekali untuk saat ini aplikasi ini hanya dapat digunakan di Amerika Serikat. Tetapi, kami percaya, dengan nama besarnya, Google dapat membawa dan menerapkan penggunaan aplikasi ini di negara lagi.
– belum banyak dapat dukungan dari dunia perbankan.

 

Demikian informasi singkat dari kami. Video resmi dari google yang menjelaskan produk ini, bisa dilihat di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *