KB atau KiB, MB atau MiB?

Mungkin beberapa dari kalian bingung dengan judul diatas, jangan khawatir… setelah membaca artikel ini mudah-mudahal kalian semua tidak bingung lagi. Semua berawal dari pertanyaan seorang teman mengenai tulisan KiB atau MiB untuk setiap perangkat penyimpanan pada komputer.

Selama ini teman saya hanya tahu bahwa untuk menentukan besar kapasitas suatu perangkat penyimpanan di tulis dalam bentuk kilobyte, megabyte, gigabyte dll, sehingga saat dia menemukan tulisan KiB, MiB, GiB, dia menjadi bingung…

Jadi apa itu KiB, MiB, GiB dan kawan-kawannya ?

Begini ceritanya…

Beberapa waktu lalu, kita terbiasa menggunakan kata kB, MB, GB dll untuk menentukan besar kapasitas dari suatu perangkat penyimpanan (misalnya Harddisk atau Flashdisk).  Seperti diketahui, kB dan MB dibuat berdasarkan satuan kilo dan mega  yang dibuat oleh International System of Units, dalam satuan ini kilo dan mega menunjukan kelipatan 1000 dan dibuat bukan untuk menunjukan besaran data melainkan untuk menunjukan besaran bobot, arus, jarak dll. Karena itu penggunaan kB dalam komputer kurang tepat karena 1 kB bukan 1000 byte, melainkan 1024 byte.

Oleh karena itu dibuatlah satuan baru yang  menyatakan jumlah byte oleh International Electrotechnical Commision (IEC) pada tahun 1999 untuk menghindari kebingungan dan ketidakkonsistenan dalam menyatakan besar kapasitas data. Dimana saat ini menjadi jelas bahwa :

1 KiB (kibibyte) = 1024 byte

1 MiB (mebibyte) = 1024 KiB dll

note : bi disini artinya biner

Nah, ternyata saat ini juga sudah ada website untuk mengconvert antar satuan ini, salah satunya bisa dilihat di convertunits.com

Nah… sekarang udah jelas kan ?? Jadi, jangan bingung lagi yah kalo suatu saat beli harddisk satu tera tulisannya 1 TiB dan bukan TB.

 

.eof

One Response to “KB atau KiB, MB atau MiB?”

  1. 4shared says:

    nice info.. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *