Modelling Gelas dengan 3D Max Part 2

Hai Semua… Setelah membantu di penulisan sebelumnya, kali ini saya mencoba membantu mempostingkan salah satu artikel lanjutan yang dibuat oleh saudara kan_ivan lainnya. Beliau mencoba untuk membagi pengetahuan seputar 3dmax, dan kali ini kita tetap akan belajar bagaimana membuat gelas tapi dengan model yang berbeda. Semoga tulisan dari saudara kan_ivan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Modelling Gelas dengan 3D Max Part 2

Saya mempergunakan 3dmax 7, dan bisa dipergunakan pada 3dmax versi yang lain.

Oke, kita akan membuat gelas dengan bentuk lain, kali ini akan disajikan dengan cara yang lebih ringkas, diharapkan agar langkah-langkah dalam pembuatan gelas yang pertama sudah dipahami dengan baik.

Baiklah… mari kita mulai…

1. create => shapes => Line.

2. Buatlah garis dengan bentuk seperti dibawah ini..

3. Modify => Line => Vertex (Pilih Vertex-vertex yang ada didaerah lengkung gelas).

4. Pastikan vertex-vertex didaerah lengkung sudah terseleksi (seperti gambar diatas), klik kanan pilih Smooth (pemilihan smooth bertujuan untuk “memperhalus” lengkungan).

5. selanjutnya, Modify => Modifier List => Pilih Lathe, Kemudian dari Parameters pilih Tombol Min (dibawah tulisan align).

6. Kita akan memberi ketebalan pada sisi kaca, Non aktifkan tombol show on result on/off toggle, Kemudian dari Line => spline => tab Geometry => Klik tanda panah atas pada isian out line.

7. Klik Vertex, Pilih ketiga vertex bagian bawah gelas dan delete, sehingga menghasilkan modifikasi yang berikut.

8. dengan memindahkan vertex aturlah posisi vertex seperti ini. Dari line segment pilih segment/garis terngah dan delete.

9. aktifkan tombol show on result on/off toggle, putar/rotasikan sudut pandang ke bagian bawah gelas ( Kombinasi Alt+Tahan scroll mouse, dan gerakan mouse anda) kemudian putar scroll mouse, tekan F3 untuk mendapatkan warna gelas, tekan tan da (+) Pada lathe kemudian klik axis, Kemudian muncul sumbu koordinat pada layer, pilih sumbu koordinat x, kemudian pindahkan kesisi dalam. Sehingga menghasilkan gambar berikut.

10. klik lathe, agar perputaran pada sisi-sisi gelas lebih halus modifikasikan nilai pada parameter => segment dengan nilai yang diinginkan (anda bebas memodifikasi sendiri, missal 32).

Oke deh, tutorial yang diberikan diatas adalah cara standar yang bisa saya sajikan, dibuat hanya untuk mempermudah anda untuk membuat gelas. Anda bebas modifikasi ulang sesuai dengan selera yang anda ingin kan. Misal klik vertex, pilih 2 vertex yang paling atas, klik kanan, pilih smooth, dan gerakan ke sisi luar. Dan lain-lain, masih banyak trik yang dapat anda modifikasi lagi.

I Hope enjoyed, Think…..

Selamat mencoba. Bila ada kesulitan seputar tutorial ini, silahkan bertanya pada kolom komentar. Semoga bung kan_ivan masih ada waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk disela kesibukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *