Modelling Kursi dengan 3dmax

Selamat datang kembali di tutorial mengenai 3dmax, kali ini saudara kan_ivan akan memberikan tutorial teknik permodelan dasar dengan mempergunakan polygon. Untuk lebih lengkapnya kita akan mempergunakan settingan-settingan yang lebih yang ada dalam settingan dasr dalam 3dmax.

  1. Buka program 3dmax anda.
  2. customize – unit setups, klik system unit setup, rubah satuan jarak system unit scale dalam centimeter. klik OK.

      

  3. Kemudian klik kanan snap toggle – Pilih Home Grid – Isi Grid spacing jadi 5 cm. Dari snaps, aktifkan grid points dan vertex. Tekan tombol X (close) Untuk menutupnya.

     
     

  4. Pilih salah satu jendela viewport (sudut pandang), misal perspektive => klik maximize Viewport toggle (yang menyebabkan jendela perspective memenuhi jendela viewport).
  5. Kita akan membuat tempat / dasaran dudukan kursi. Buat box pada jendela viewport perspektif, isi length (40 cm), width (40 cm), dan height (5cm), isi length segs (7), width segs (7) dan height segs (2). Tekan F4.
  6. Kemudian klik kanan pada objek box, convert box ke editable poly.
  7. Pilih polygon, dengan kombinasi tombol Cltr (pada keyboard) dan klik kiri pada mouse, pilih ketiga polygon seperti pada gambar berikut.
     
  8. Dari salah satu polygon yang aktif pada objek Box. Klik kanan, pilih tombol kotak pada bevel, isikan pada height (1 cm) dan outline amount (-1 cm) => klik OK.

      

  9. Dari salah satu polygon yang aktif pada objek Box. Klik kanan, pilih tombol kotak pada Extrude, isikan extrusion height (30) kemudian klik apply, dan isikan kembali pada extrusion height (20) kemudian klik OK.

      

  10. Gunakan kombinasi tombol Alt (pada keyboard) dan klik scroll mouse (tahan) dan gerakan mouse anda untuk mempermudah pengambilan sekaligus 4 buah pilygon sisi dalam pada polygon bagian atas. Dan delete, tekan F2.
      
  11. Pada editable poly (Box) => pilih Border => klik pada salah (garis) satu sisi polygon yang sudah dihilangkan => pilih bridge => dari salah satu sisi polygon yang sudah dihilangkan, drag (tahan klik kiri) dan pindahkan kesisi bridge yang ada di sampingnya, kemudian klik. => Lakukan langkah yang sama pada sisi lainnya. Sehingga menghasilkan
     
       
  12. Aktifkan selection polygon. Dengan kombinasi cltr (pada keyboard) dan klik kiri pada mouse, pilih 2 sisi terluar pada polygon bagian luar, klik tombol kotak pada extrude, isikan nilai 5 cm klik OK.

     

  13. Dari bagian bawah. Pilih 4 polygon pada masing-masing sudut, lihat gambar (aktifkan F2 pada keyboard sebagai pembantu) => klik kanan dari salah satu polygon yang aktif, pilih tombol kotak pada insert.
     
  14. Dari kotak insert isikan nilai 9 cm. Kemudian klik kanan pada kotak extrude, isikan nilai 8 cm pada kotak dialog extrude, kemudian klik OK.
      
  15. Pilih semua polygon bagian bawah, kemudian klik kanan kemudian pilih tombol kotak pada kotak dialog Insert isikan nilai 5,5 cm klik Ok. => klik kanan, pilih tombol kotak pada Bevel, isikan nilai 30 cm (height) dan 2 cm (outline Amount) pada kotak dialog Bevel Klik Apply.
     
  16. Isikan kembali nilai 3 cm (height) dan 2 cm (outline Amount) pada kotak dialog Bevel Klik Ok, klik kanan kembali, pilih extrude, isikan nilai 2 cm pada kotak dialog extrude klik OK.
     
  17. Pilih kedelapan polygon pada masing-masing sisi (seperti gambar), kemudian delete => pada editable poly aktifkan border, Klik Tombol Bridge, klik disalah satu sisi polygon yang telah dihilangkan tadi, arahkan/hubungkan kesisi polygon yang telah dihilangkan tadi yang berada di seberangnya kemudian klik, lakukan kesemua sisi polygon yang telah dihilangkan tadi. And Finish.
        
  18. Modifikasi tambahan, Anda bebas untuk memodifikasi permodelan kursi diatas, misalnya dengan arah arah sandaran yang agak dimiringkan ke samping.

    – Klik vertex pada editable Poly, Pilih seluruh vertex pada bagian sandaran, dengan Tombol Move geser kearah belakang, dan dengan tombol rotate putar (sumbu koordinat Y, yang berwarna kuning sesuai keinginan).
     

  19. Bentuk kursi dll. diatas bisa anda tambah dan modifikasi sesuai keinginan anda, langkah-langkah yang telah diberikan hanya sebagai tuntunan saja, thank’s… I hope You enjoyed….

Selamat mencoba. Bila ada kesulitan seputar tutorial ini, silahkan bertanya pada kolom komentar. Semoga bung kan_ivan masih ada waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk disela kesibukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *