NFC: Teknologi Menarik Untuk Masa Depan

Pertama kali berkenalan dengan teknologi Near Field Communication (NFC) ini pada saat menyaksikan launching produk terbaru dari Google di Web 2.0 Summit, yaitu Google Nexus S.  Google Nexus S sendiri merupakan perangkat cerdas generasi kedua yang dibuat Google. Perangkat ini menggunakan operation system terbaru dari android, yaitu Android 2.3 atau biasa disebut Gingerbread . Dalam presentasinya, Eric Schmidt yang merupakan CEO dari Google menjelaskan bahwa salah satu fitur yang ditanam di Nexus S ini yang merupakan fitur inovatif adalah NFC.

Secara sederhana, NFC dapat dijelaskan sebagai suatu metode komunikasi antara dua perangkat komunikasi menggunakan frekuensi radio khusus yang hanya berfungsi dalam jarak yang sangat dekat.  Selama ini tentunya kita sudah mengenal teknologi serupa yang juga pernah dibenamkan dalam perangkat komunikasi seperti infra red (pernah ditanam hampir disemua perangkat komunikasi milik Nokia di era 1990-an), Bluetooth yang sampai saat ini masih menjadi pilihan utama vendor untuk ditanamkan di perangkat komunikasi dan juga wifi. Lalu apa kelebihan dari NFC ini?

Apabila dibandingkan antara NFC dengan Bluetooth yang keduanya merupakan sesama short range communication system, keunggulan utama dari NFC ini adalah tidak dibutuhkan waktu yang banyak bagi kedua devices yang memiliki NFC untuk saling berkomunikasi. Hal ini berbeda jika kita menggunakan Bluetooth, di mana dibutuhkan konfigurasi pairing agar kedua devices yang ber-Bluetooth dapat berkomunikasi. Dengan NFC, komunikasi antara dua perangkat akan terjadi dengan instant dan efisien.

Selain itu, dimasa mendatang penerapan NFC dalam sehari-hari akan lebih kompleks jika dibandingkan dengan bluetooth. Implementasinya antara lain akan meliputi bidang pembiayaan yaitu dapat digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai; dibidang transportasi, yaitu dapat digunakan sebagai pengganti tiket kertas yang tentunya akan menghemat penggunaan kertas dan berakibat baik terhadap lingkungan; dibidang properti dan perhotelah, teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai pengganti kunci konvensional dan masih banyak lagi implementasinya yang dapat mempermudah hidup manusia.

Melihat begitu kompleks dan beragamnya penggunaan NFC di masa mendatang, tentunya disamping banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kehadiran teknologi NFC ini, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita, yaitu antara lain sebagai berikut:

  1. Ketersediaan teknologi pendukung yang murah. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau hanya teknologi yang murah sehingga dapat diserap semua kalangan lah yang dapat bertahan lama, sedangkan teknologi yang mahal mau tidak mau akan tergerus penggunanya dan dipaksa untuk berubah. Sebagai contoh: evolusi telephone genggam di Indonesia yang pada awalnya hanya “dimonopoli” beberapa vendor seperti Nokia dan Motorola saat ini dominasi tersebut telah berubah dengan masuknya vendor lain seperti RIM, HTC, Samsung atau bahkan vendor dari China seperti Nexian, HT Mobile dan lainnya yang bisa menawarkan hal baru yang lebih murah. Agar dapat bertahan dan efisien, NFC juga harus memperhatikan hal ini. Perangkat-perangkat yang mendukung NFC kedepannya harus dapat dimiliki oleh banyak kalangan, selain itu perlu adanya kerja sama antara vendor perangkat ber-NFC dengan merchant yang menjual produk ke end user. Sebagai contoh: apabila teknologi NFC yang dibenamkan dalam perangkat komunikasi akan digunakan sebagai pengganti tiket kertas maka paling tidak perangkat komunikasi tersebut harus murah dan merchant yang menerima/menjual tiket itu juga harus tersedia di mana-mana.
  2. Perangkat hukum. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, salah satu implementasi dari teknologi NFC yang paling menarik adalah bahwa dengan memanfaatkan NFC, perangkat yang ditanamkan NFC dapat digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai. Agar dapat dijadikan suatu alat pembayaran yang sah, perlu adanya kerangka hukum yang mengatur mengenai hal ini. Paling tidak perangkat hukum tersebut harus mengatur mengenai hak dan kewajiban yang dimiliki end user, hak dan kewajiban dari pengusaha serta perlindungan hukum terhadap end user ataupun pengusaha dalam hal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bagaimana seandainya perangkat NFC anda digunakan pihak ketiga untuk melakukan pembelian (fraud).
  3. Faktor keamanan. Selain perangkat hukum yang kuat, kita juga perlu mendapatkan adanya jaminan bahwa penggunaan NFC adalah aman, karena meskipun sifat komunikasi dari NFC adalah “near” bukan tidak mungkin tetap terjadi intercept data dimana informasi penting atau bahkan uang elektronik yang terdapat dalam perangkat NFC kita dicuri orang lain. Dalam hal ini solusi teknologi enkripsi diharapkan dapat menjadi jembatan penengah antara faktor aman dan faktor efisiensi.

Selain ketiga poin di atas tentu masih banyak hal lain juga yang harus diperhatikan seperti edukasi kepada masyarakat, dukungan pemerintah terhadap penggunaan NFC dan standardisasi penggunaan NFC yang berlaku universal yang dapat menjamin penggunaan NFC di Indonesia sama dengan penggunaan NFC di seluruh dunia.

Demikian pengantar singkat mengenai teknologi NFC ini dan bagaimana penerapan di masa mendatang. Semoga mencerahkan.

note: berikut video contoh penggunaan NFC pada Nexus S

5 Responses to “NFC: Teknologi Menarik Untuk Masa Depan”

  1. fl3xu5 says:

    Tampak nya android semakin maju dan berkembang pesat .

  2. Zka says:

    Setuju. Menurut saya ini karena faktor “opened-source” dari Android itu sendiri. Contoh sederhana: kita dapat dengan mudah membuat aplikasi android menggunakan app-inventor dari google dan meng-uploadnya ke Android Market. Bandingkan dengan kebijakan Apple pada Apps Store-nya.

  3. clowner says:

    soal droid dan apple, gw liat dua-duanya sama aja.. berusaha untuk mempermudah manusia untuk mengirim data seputar dirinya ke server mereka.

    yang satu berkutat di brand, yg satu di iklan.

    btw, nfc ini kaya fitur nokia itu yah… yang bisa jadi walkie talkie kalo ada dua device di range yg berdekatan…

  4. Zka says:

    Kalau yang di nokia itu “Push to Talk”. Teknologi NFC ini hanya berfungsi kalau jaraknya paling jauh sekitar 10 inch.

  5. galih says:

    artikelnya menarik mas, bisa menambah pengetahuan,
    kata-katanya jelas dan pas untuk di share ke teman-teman.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Neoteker: Indonesia IT Community » Blog Archive » Google Wallet: “Dompet Keren dari Google” - [...] tindak lanjut dari peluncuran smartphone yang mendukung  teknologi NFC, google meluncurkan produk terbarunya, yaitu aplikasi Google Wallet.  Aplikasi ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *