Refleksi Awal Tahun: Penipuan Semakin Beragam

 

Statistik Neoteker

Awal tahun adalah saat yang paling tepat untuk melakukan evaluasi atas hal-hal yang kita lakukan di tahun sebelumnya. Dalam kesempatan ini, kami akan merefleksi artikel yang secara statistik paling banyak dilihat dan dikomentari di website ini selama setahun belakangan. Bukan hal yang sulit untuk melakukan evaluasi artikelnya, karena tahun 2012, kami hanya menghasilkan paling tidak 4 artikel di website ini..hehehe.

Terlihat dari statistik, artikel yang paling sering dibaca dan dikomentari adalah Tips Mengidentifikasi Online Shop Penipu. Seiring menyebarnya penggunaan internet di seluruh Indonesia yang dibarengi dengan mudahnya akses internet, perkembangan jual-beli yang menggunakan fasilitas internet juga ikut meningkat. Sayangnya peningkatan ini juga sejajar dengan semakin tingginya penipuan yang berkedok jual beli online.

Membaca komentar-komentar pada artikel tersebut, terlihat juga kalau teknik dan modus yang digunakan online shop penipu semakin beragam dan semakin “halus”, sehingga terdapat kecenderungan mempersulit mendeteksi apakah online shop yang kita lihat adalah penipu atau tidak. Tujuan awal kami menulis artikel tersebut adalah sebagai langkah preventif bagi calon pembeli agar tidak mudah tertipi, namun sayangnya komentar-komentar yang terdapat dalam artikel tersebut, menunjukan hal yang sebaliknya, karena yang berkomentar sebagian besar adalah pihak yang sudah tertipu..ini sungguh tragis.

Untuk itu, sebagai bagian refleksi awal tahun, tidak ada salahnya kami kembali mengangkat artikel tersebut sekaligus untuk mengingatkan kepada diri kita agar selalu waspada dan jangan sampai kita menjadi korban penipuan, termasuk penipuan online.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *