Tips Mengidentifikasi Online Shop Penipu

FraudBerawal dari bosannya melihat wall di facebook yang isinya foto gadget dari online shop yang di-tag ke teman-teman saya, akhirnya saya tertarik melihat beberapa penawaran online shop tersebut. Setelah melihat beberapa online shop, timbul kecurigaan terutama melihat harga yang ditawarkan sangat “miring”. Kecurigaan saya menyatakan kalau online shop gadget tersebut merupakan modus penipuan. Ternyata prasangka buruk saya tepat adanya karena hampir sebagian besar online shop yang men-tag teman-teman saya dapat saya indikasikan sebagai online shop gadget penipu.

Baik lah, untuk menghindari bertambahnya korban dari online shop gadget palsu ini, saya coba menuliskan beberapa tips yang bisa dijadikan indikasi awal untuk mengetahui apakah penjual online shop gadget tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Berikut adalah ciri-ciri online shop yang bertendensi menipu:

  1. Harga terlalu murah dibanding harga pasar. Β Resep pertama membeli barang elektronik adalah mengetahui harga pasaran dari gadget yang mau kita beli dengan mengunjungi website resmi dari produk tersebut dan juga berkunjung ke website yang sudah terkenal baik reputasinya dalam penjualan Β gadget seperti bhinneka atau TOKOPDA. Dengan mengetahui harga pasaran dari suatu gadget, kita bisa punya sense apakah harga yang ditawarkan oleh online shop penipu itu wajar.
  2. Pada umumnya si penjual tidak berlokasi di Jakarta atau kota-kota besar. Keberadaan Β si penipu yang tidak berada dikota-kota besar digunakan oleh penipu tersebut sebagai alasan untuk tidak melakukan transaksi cash on delivery (COD) karena berdasarkan perhitungan si pencuri, target penipuannya berada dikota-kota besar dengan pertimbangan infiltrasi gadget ada di kota besar tersebut. Trend yang berkembang diantara para penipu itu adalah mereka mengatakan tokonya berasal dari Batam. Hal ini mereka lakukan untuk memperkuat klaim mereka bahwa mereka memperoleh barang tersebut dari Singapura dan tanpa melewati proses bea-cukai sehingga mereka bisa menjual barangnya dengan sangat amat murah. Di sini saya melihat si penipu melakukan social engineering karena kota Batam memang sudah cukup terkenal sebagai surga pembeli elektronik murah.
  3. Menolak sistem pembayaran rekening bersama dengan alasan tidak mau ribet. Rekening bersama dibuat dan dikembangkan beberapa komunitas sebagai solusi maraknya penipuan online. Ketidakinginan si penjual menggunakan rekening bersama seharusnya sudah bisa dijadikan faktor kecurigaan kita. Memang perlu diakui banyak penjual online shop jujur tidak menggunakan jasa rekening bersama ini, tapi kalau anda perhatikan, rata-rata penjual tersebut sudah amat terkenal reputasi baiknya, sehingga tanpa rekening bersama pun, dia tetap terpercaya.
  4. Menolak pembelian dilakukan secara langsung bertemu atau mekanisme pembayaran COD. Poin ini masih terkait dengan poin nomor 2 di atas di mana si penipu biasanya memilih kota yang tidak banyak dihuni oleh target penipuannya supaya dia dapat berkilah untuk menggunakan mekanisme COD. Beberapa penipu bahkan tetap terang-terangan menolak melakukan transaksi COD dengan calon pembeli yang menyatakan kalau dia satu kota dengan si penjual sehingga memilih COD. Alasan yang paling banyak dipakai si penipu adalah alasan keamanan dari si penjual, karena barang yang dia jual merupakan barang black market, jadi dia takut kalau ternyata si calon pembeli adalah pihak kepolisian yang hendak menjebak πŸ™‚
  5. Foto produk dan bukti pengiriman barang dari jasa pengiriman barang biasanya merupakan foto-foto palsu yang dia peroleh dari berbagai forum. Tidak jarang juga si penipu ini (kalau yang levelnya masih cemen) salah memasang foto produk, contoh untuk produk Blackberry Onyx, yang dipasang masih foto Blackberry Bold 9000.

Agar informasi ini berimbang, berikut beberapa ciri online shop yang beneran:

  1. mencantumkan alamat lengkap, jelas dan mudah di cari. Untuk hal ini, sebaiknya utamakan online shop yang punya offline shop.
  2. harga murah yang dicantumkan masih wajar.
  3. apabila ada pelanggan mau pembayaran COD, dia terima.
  4. Sudah banyak testimonial dari pelanggan-pelanggannya (tapi perlu diperhaitkan juga apakah dia benar-benar pelanggan, atau account yang dibuat oleh si penipu – saya rasa ini hal yang cukup mudah, sense dan logika anda dibutuhkan!)
  5. foto produk biasanya unik, yaitu bisa menyertakan foto si penjual, koran yang beredar di kota penjual, ada watermark si penjual dan angel fotonya lebih bervariatif.

Demikian beberapa indikasi yang saya temukan dari online shop yang benar dan online shop penipu. Kalau anda punya indikasi lainnya, silahkan tulis di kolom komentar. Oh iya, sekedar mengingatkan bahwa tidak selamanya online shop yang punya website itu adalah yang terpercaya. Saat ini membuat website online shop sudah sangat mudah dan murah, siapapun bisa. Intinya sih jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah.

Semoga bermanfaat. Salam.

Disclaimer

Apabila ada penjual online yang “lulus” dari tes-tes di atas dan ternyata anda tetap tertipu, itu bukan tanggung jawab saya. Segera laporkan ke polisi! πŸ™‚

138 Responses to “Tips Mengidentifikasi Online Shop Penipu”

  1. K says:

    ya jadi klo istilah internasionalnya namanya Scamming dari divisi fraudulent….

  2. iko says:

    jangan lupa sempatkan googling nomer rekening & no hp yg diberikan seller, cek historisnya.

    kalau transaksi duit gede, usahakan pakai rekber, no afghan, no rosa…. πŸ˜€

  3. Zka says:

    Betul..dalam hal ini google sangat efektif untuk mendeteksi. Tapi menurut saya paling penting sih “sense” kita sendiri dalam melihat apakah harga yang dia jual itu wajar/tidak.

  4. sial... says:

    kyknya q dah kna tipu deh,emang tips diatas bner smua,q trlalu brnafsu liat brg yg hrganya muiring n testimoni2 dri planggannya…trnyata penipu,smoga mrka insaf n kmbali k jalan yg bnar

  5. Zka says:

    Sebaiknya sih cepat di laporkan…walaupun mungkin tidak efektif, tapi kalau banyak laporan mau ngga mau polisi harus bertindak

  6. Zahara says:

    Sya mnta Tlong sbtin online shop yg rsmi stdakny yg ju2r dunk…

    • Zka says:

      kalau belanja online di forum seperti kaskus mungkin akan jauh lebih mudah mengidentifikasi mana penjual yang jujur mana yang ngga..biasanya yang jujur sudah cukup dikenal dan banyak yang memberikan testimonial baik.

  7. andhi says:

    ijin saya copy informasi nya ke http://andhirao2.blogspot.com/

    thaks om

  8. Yohan says:

    terima kasih atas informasinya, ijinkan saya dari pemilik online shop POYUSHOP mengemukakan pandangan saya:
    1. saya selaku pemilik online shop memang menghindari COD dengan alasan:
    a. ribet dengan janjian di lokasi namun tidak tepat waktu (tradisi), pdhl saat itu masih banyak kepentingan yg diselesaikan mis packing barang u/ buyer yg lain.
    b. selain tidak tepat waktu hal yg paling menyedihkan adalah tidak munculnya buyer.

    2. mengapa saya menghindari COD karena saya belajar untuk menjadi konsisten, online shop adalah transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan secara online, ketika kita bertemu dengan buyer secara fisik dan terjadi transaksi maka itu sudah melenceng dari konsep online shop.

    3. dalam bertransaksi online shop memang yg mutlak diperlukan adalah kejelian agar tidak tertipu, ketika kita tidak siap untuk melakukan transaksi secara online, ada baiknya kita mencari apa yg kita butuhkan secara offline shop.

    4. u/ rekber, tgt dari posisi online tersebut, ketika online shop tersebut berdiri sendiri dengan tidak join pada salah satu komunitas, maka rekber tiddak bisa dijalankan

    5. foto yang variatif jg tdk dpt dijadikan patokan, sebab foto yg variatif bisa jadi seller tersebut memiliki stok sehingga bisa memajang foto yg variatif, tidak semua online shoop memiliki stok barang, saat mereka tidak memiliki stok barang mereka hanya memajang foto yg didapat dr supplier mereka. foto yang saya pampang di web maupun d grup bb memang tidak saya berikan watermark dengan alasn bahwa pangsa pasar saya adalah reseller, maka akan menjadi kesulitan bagi reseller jika foto tersebut diberi watermark, sebab meereka hanya perlu memajang foto dari toko online shoop saya jika deal, tinggal order saja.

  9. Zka says:

    Terima kasih atas klarifikasinya Yohan

  10. kura says:

    Barusan saya kena tipu dgn modus online shop gadget dgn harga miring banget.Dia mengaku beralamat di gajah mada tanah abang.
    Minta 2x transfer.Pertama utk aswin dgn norek bri.Kedua,mengaku dr bea cukai,apriadi dgn norek bri jg.
    Hati-hati ya temans,semoga tidak ada yg kena tipu2 yg diduga dilakukan sellerhandphone.com.Dua pelaku kayaknya menggunakan nomor hp daerah.

    • Joe says:

      Kasus anda sama dgn kasus yg bru saya alami 1 mnggu yg lalu…, lwat http://www.zonatechno.com …, ketika konfir ke seller tuk mnta resi pengiriman…., mlh d sruh menghubuungi nmr lain…, yg nmr kntaknya mirip2.., ktika nmr itu d hbngi… , ngaku dari JNE dan membernarkan klo pket pngiman kita ada dan disita karna BM…, dan di suruh mengirimkan uang lg buat menyelesaikan admnistrasinya….,

    • Nunu says:

      thanks gan atas postingnya,

      kalau yang satu ini baru posting yang ane cari tentang http://www.sellerhandphone.com

      sayang nya ane nemuin nih posting setelah pacar ane udah kena tipu juga 2,5 juta melayang, yang tadinya rencana buat beli laptop malah d ganyang orang.. salah pacar ane sih yang sangat tergiur harga murah…

      nasi dah jadi bubur gan,
      mudah2an orang nya KUALAT dunia AKHIRAT..

      • Eric says:

        bener mba itu http://www.sellerhandphone.com penipu abis… untung saya baca blog ini dlu klo ngga saya juga udah kena tipu…

        sekarang alasan penjual biasanya dia mau COD tapi suru kirim uang jadi dlu…. trend nya skrng gitu jadi mending jangan percaya… yang namanya COD ya ada uang ada barang

    • cici says:

      senasip .. πŸ™ ..

  11. Ariel says:

    Sebenarnya belanja ONLINE itu sangat menyenangkan dan banyak hematnya (waktu/biaya) klu kita bisa menjadikan diri kita sebagai SMART BUYER. smart buyer artinya teliti / aman / dan gunakan pembayaran cara ESCROW seperti inapay atau rekber2 yg ada dikask s
    jika penjualnya tidak mau menggunakan escrow ya jangan beli dong barangnya.
    Jangan pernah kirim uang duluan ke penjual sebelum terima barang.
    GUNAKAN LAYANAN ESCROW, di jamin HATI TENANG

  12. harmy says:

    tlong bantu cek bisa gak yah
    saya baru mau blnja di online shop
    namanya SINAR ELEKTRONIK
    alamtnya di singkawang sumatra,dia juga pasang denah lokasinya
    ni no.tlfnya085310917960
    saya mu blnja di awal bulan nanti
    mohon bantuanya
    dia salah satu penipu atw bkn
    makasih

  13. anis says:

    BATAM KOTA SARANG PENIPU
    24 September 2012, tepatnya pagi 09:00 saya order barang lewat SMS ke Nomor HP 085 314 777 977. Saya dapat telepon dari seorang wanita yang menjelaskan bahwa pesanan saya akan segera di kirim apabila sudah membayar uang DP 50 % dari harga yang di pesan yaitu Samsung Galaxi S III Rp 1.900.000.- dengan tidak merasa curiga saya mentranfer Rp 900.000.- setelah saya menerima nomor rekening yang di SMS oleh wanita tadi yang kata pemilik toko online Nagoya Batam Shop ( CAHAYA SELLULER) wanita itu sekretarisnya. Sambil menunggu barang diantar yang katanya bias COD. Begitu barang sampai, baru di bayar/di lunasi sisanya. Belum sela waktu satu setengah jam saya di telepon seorang bapak katanya saya harus melunasi sisanya di tambah ongkos kirim menjadi Rp 1.100.000.- tanpa curiga pun saya mentranferkan yang ke dua kalinya ke Nomor Rekening yang sama, yaitu 3570 0101 5315 537 an. PUTRI WAHYUNI. Nomor rekening luar batam
    Selanjutnya saya langsung menelepon dengan memberitahukan bahwa uang sudah dapat dicairkan. Jawabannya barang akan segera diantar lewat pegiriman Tiki JNE. Disitulah aku tersadar bahwa aku telah terjebak dalam mengejar barang murah, Aku TERTIPU, ternyata aku tertipu dengan penampilan web bertuliskan : NAGOYA HP BATAM yang rapih dan TESTIMONIAL MEMBER yang bohong dengan foto-foto penerimaan barang dan SIUP, semuanya BOHONG, Web ini Pembohong, dan Penipu. Coba saja klic di HUB KAMI (Hubungi Kami akan muncul layer baru dengan No HP Penipu itu, HP 085 314 777 977
    Pesan Saya : Aku akan terus mendoakan mereka, agar mereka di ampuni Allah, karena mereka
    ini suka memakai nama Allah untuk melancarkan penipuan mereka dan agar kelak
    jika mereka mati tidak akan berada di NEREKA, karena lidah mereka akan di
    panggang bagaikan sate dan badan mereka akan di panggang berputar-putar
    bagaikan kambing guling. Ini juga Nomor HP penipu itu, 081236804951

    • Zka says:

      Terima kasih atas sharing informasi-nya, semoga rekan-rekan di sini dapat mengambil manfaat dari cerita anda dan menjadi jauh lebih berhati-hati dalam bertransaksi

    • Hanjaya Indra Margono says:

      Iaa, batam emang kota sarang penipu! saya barusan kemaren transaksi dengan orang bernama ASMAWI, saya sudah dikirimi foto ktp asmawi dan istrinya, saya beli 5 unit iphone 6s plus warna gold, dia menawarkan harga murah sekali. Saya sudah tranfer uang 7600 000 dulu buat DP ke rekening BRI 116701004918503 atas nama YULI AMELIA (ISTRI ASMAWI), per iphone saya dikasih harga 2500 000. Katanya promo distributor, saya juga heran. Eh hari ini senin tanggal 14 maret 2016, contact saya dihapus, nomer telpon nggak bisa dihubungi. ini nomer hpnya si penipu namannya ME’gallery onlineshop 5D731E1B/ 085398838289. Hati hati ya gan

  14. Joe says:

    untuk mengatasi masalh ini hrusnya ada perhatian dari apaarat keamanan yg bertugas menyelidiki penipuan2 seperti ini…, agar tu penipu2 ini bisa di tangkap…, di klo perlu tangannya di potong potong…,karna mereka sdh sangat meresahkan , merugikan buyer yg dengan iklas ingin belanja lwat Online shop…, buat para penipu makanlah dari apa yg kamu dapatkan dgn hallal bukan dari hasil menipu orang…..

    • widya says:

      contoh 1 dari 1000 tepoe-tepoe:
      JAMINAN GARANSI:
      Kami memberikan garansi untuk semua produk yang dijual selama 1 tahun. Yakinlah semua produk yang anda beli dilengkapi dengan Sticker / Kartu Garansi dari toko kami.
      Jika ada kerusakan hub kami maka pihak dr kami akan datang ketempat anda

      CONTOH FORMAT PEMESANAN:
      1.Nama lengkap # Alamat lengkap # No.tlp/hp # Jenis barang # warna barang # jumlah yang di pesan # Sms ke: 0823-72-7171-57
      2.Pengiriman Barang dilakukan setelah pembayaran di transfer
      3.Biaya dapat di transfer via Rekening ( BRI )
      4.Barang di jamin 100% original, baru dan bersegel, (bukan merupakan barang,Replika/Rekondisi ataupun buatan CINA) Barang yang rusak bisa di tukar atau uang kembali.

  15. Yanto says:

    Pada tgl 2 Nopember 2012 istri saya juga kena tipu sama Jaya Handphone Jl.Teuku Umar Complex NAGOYA Hill Blok-B No.17 NAGOYA – BATAM. No HP.085316777551 no.rek 9000011327518 Bank Mandiri a/n.BUDI AHMAD websitenya http://www.jayahanphone.co.cc

    1. Kebetulan saya pas lagi dinas keluar kota, Semula istri saya udah transfer ke rek atas nama diatas sebanyak 2.5 juta utk pesanan 1 unit Blackberry Dakota. Istri saya kontak dia melalui no hp diatas, bahwa uang sudah ditransfer.

    2. Satu hari kemudian dia menghubungi istri saya, katanya dia salah kirim sebanyak 3 unit BB Dakota, kemudian dia minta tambahan uang pembelian sebanyak 1.5 jt karena salah kirim,barang sudah berada di MAKASSAR ditahan karena uang pembelian kurang, kemudian istri saya transfer lagi senilai ya itu dan kontak dia, dia menjawab barang akan dikirim selama 2 hari dan bila barang sudah sampai di alamat rumah saya di SBY akan diberitahu no resi pengiriman.

    3. Basoknya dia menghubungi istri saya minta dikirim no Voucher baru senilai 100 rb sebanyak 5 lembar. Setelah dikirim sasma istri saya, sampe saat ini barang BB yang dipesan istri saya tidak kunjung datang.

    Dengan pengalaman istri saya itu, semoga anda semua bisa lebih waspada dan menggunakan logika yang masuk akal…terima kasih.

  16. aulia nur aida says:

    baru hari aja saya ketipu
    harga kamera canon DSLR 1.650.000 . dari toko golden batam jaya buana market
    atas nama BPK . M TAHIR
    ke rekening BNI
    setelah transfer 3 jam kemudian ada nomor lain menghubungi saya yang mengaku sebagai polisi dan meminta uang administrasi bea cukai senilai 2.500.000 . tersadar karna sudah di bohongi saya tak mau jatuh untuk yang kedua kalinya . walaupun dengan ancaman di penjara dan di kenai denda toh mereka yang lebih salah . karena mereka telah menipu . kalau di kumpulkan pasti costumer penipulah yang menang . awalnya mau ke kantor polisi atas penipuan ini tapi saya rasa nomor mereka sudah tidak aktif lagi . biar alloh aja yang bales yaa πŸ™‚ sapa tau uang yang haram itu bikin sekeluarganya keracunan . ( aaamiiin ) itu ga rela banget agan aganwati . masih kecil begini dibohongi ..
    hiks πŸ™

  17. gita says:

    tolong dong saya juga kayanya ketipu nih
    ada yg tau ttg gloryphonemandiri.com ga ?
    kira2 itu penipu ga ya ? soalnya brg nya blm nyampe2 nihh

    tolong bgt yaa kalau mau ngelapor juga kira2 prosedur nya gmana

  18. ROYKHAN says:

    TERIMA KASIH ATAS INFONYA BROTHER…HAMPIR SAJA SAYA IKUTI JEJAK ISTRI LO BRO…..UNTUNG SAYA BELUM TRANSFER
    ALHAMDULILLAH…ADA KEANEHAN…GW DIKASIH ENGGA LANCAR PAS MAU TRANSFERNYA….( HATI2 ATAS NMA JAYAHANDPHONE ALAMAT JL. TEUKU UMAR BLOK B NO.17 NAGOYA HILL BATAM.
    NO HP : 0853 16 777 551 ( AN. KARYAWAN’Y SAPUTRA ) ATASANNYA BUDI AHMAD…NO REK BNI : 0266 6507 51 ( NO HP AN. BUDI AHMAD 085298197821 )DIA PUNYA 3 NOMOR REKENING BNI, BRI SAMA MANDIRI….
    HATI – HATI MASBRO…..

  19. romario says:

    gan kalo mw nanya nh kalo online shop kayak gini bisa di percaya atau engga ya gan? http://centerpromo-handphone.blogspot.com/p/contact-us.html itu webnya gan, soalnya itu barangnya murah” banget, tapi punya ijin buka usaha gtu gan…

  20. vino says:

    buat harmy yg tanya toko sinar elektronik singkawang itu PENIPU. soalnya saya orang singkawang.toko itu tidak ada.denah lokasi yg dia buat itu palsu.buat teman2 yg lain hati2

  21. Nunu says:

    cari uang nya kemana ya gan????
    haduh bingung dah kalau kena tipu begini, yang kena tipu sih pacar ane, yang bingung ane gan…
    ketemu orang nya gue injek” tuh ..

  22. Nadia says:

    permisi gan, menurut agan agan website ini penipu ngga? http://www.cityhandphone.com saya sih curiga… soalnya dari pihak itu ada yang sms ke nomer hp ibu saya. sms promo gitu -_____-

  23. vida says:

    kalau http://elektronik-solutionindonesia.blogspot.com/2012/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_2260.html itu toko bm nah kirakira itu penipuan ga ya ? temen saya ingin beli disitu katanya

    • Zka says:

      Saya pribadi tidak merekomendasikan untuk beli di website tersebut. Harga yang ditampilkan “terlalu murah” sehingga mencurigakan.

    • nikmah says:

      ngakunya toko elektronik yang mana mba ??
      saya juga ketipu gak banyak sih 450.000 ngakunya toko elektronik solution di jogyakarta , ternyata barangnya gak mau di kirim setelah saya transfer.
      dengan berbagai alasan yang gak jelas .
      dan akhirnya barang saya gak ada uang pun ikut hilang.
      udah lapor ke call BRI suruh blokir, uang juga bisa dikembalikan tapi saya telat keburu uangnya sudah di cairkan oleh penipu itu πŸ™

  24. saya baru aja kena tipu http://www.kiranaelektronica.com
    dengan iming2 bb dakota shrga 2 jt syakenajebakan mereka stelahuajg sayatransfer mtka brjnji pgrman kan fteng pling lama slma 2 hari, stlh 2 hari baranv gakunjung tba sya tlfon pihak kirana dan kta mereka sya hrs tmbah transfr 1 jt lg untuk tambhan karna barang sya d than bea cukai di bandara raden intan bandar lampung, akhrnya sy transfr lg 1 jt, stlh sy hubungi pihak bandara no yg mereka kasig atas nama rio082327879909 mau menjarakan sya krna barang yg d bandara ilegal kalau tdk mau d penjara harap kirim uang ke rek 02814dia mnta trsnfer lgi 2,7 jt untuk tebus polisi,88109 an.hestika dewi, no rek yg sama ada di batam tmpat sy trnsfer prtma kali sy trnsfer 2 jt, setelah sy sadar baru sya tolak dgn alasan prcma sya beli di btam kalau hrs trnsfer lg 2,7..stelah itu no kirana tdk aktf lg ..kirana elktronik 082332220004

  25. Rani says:

    Hati-hati dengan Noviyanti

    Penipuan dilakukan oleh

    Nama : Noviyanti
    Nomor Handphone : 089662552705
    Alamat : Jalan Pahlawan No. 39 Rt 05 Rw 04 Kampung Haurkuning Garut 44151

    Berawal dari Noviyanti belanja online ke saya, pada tahap pertama berjalan lancar, transferan saya terima dan barang dikirimkan. Untuk pembelanjaan selanjutnya, karena sudah pernah berbelanja di tempat saya, saya langsung percaya dan mengirimkan,setelah dijanjikan akan ditransfer 2 hari kemudian.
    Setelah barang sampai di tangan Noviyanti, transferan tidak kunjung saya terima sampai hari ini, kurang lebih sudah 3 bulan. Dengan berbagai alasan, Noviyanti menyebutkan kalau saudaranya sakit, kemudian Noviyanti operasi dan tidak ada uang, sampai akhirnya suami Noviyanti menjanjikan akan membayarnya. Hingga detik ini saya tidak menerima transferannya.
    Saya melaporkan ini, karena tidak ada itikat baik Noviyanti untuk menyelesaikannya dan agar tidak ada lagi yang tertipu oleh Noviyanti.

    Terima Kasih

    • Zka says:

      Terima kasih atas informasinya. Komentar kali ini cukup unik karena biasanya di artikel ini yang menjadi korban adalah pembeli namun kali ini yang menjadi korban adalah penjual.

  26. firda says:

    ya…sebagi pemebeli memang harus pintar memilih olshop dan juga sebagi olshop harus pintar2 percaya kepada pelanggan…karena memang benar tidak hanya pemebeli yang dirugikan namun penjualpun bisa dirugikan kadang membatalkan pembelian secara mendadak,kadang janjian ditempat pun tidak kunjung datang lebih parahnya ternyata barang dikirm konsumen tidak mentransfer tapi bilang sudah transfer,,,karena di dunia ni baik dan buruk selalu ada….selama ini saya belum pernah tertipu oleh olshop saat saya mebeli barang,,,tapi saya mempunyai pengalam..yang cukup menjengkelkan saya janjian dengan konsumen untuk transaki dan saya sudah membawa barang yang di pesan ternyata konsumen tidak kunjung datang dan juga tidak mengubungi saya..sebagai penjual saya tidak akan memaksa duy untuk datang krn dari tidak tepanya dy berjanji sudah mebuktikan bahwa dy tidak niat membeli..tapi tuhan adil akhrnya barang yang saya bawa di beli oleh teman sekampus saya akhrnya tidak jadi rugi hehehehe……klo saya perhatikan penipuan olshop yang marak adalah menjual barang-elektronik seperti HP dll..dan parahnya mereka sering menghack FB orang lain untuk pemasarannya..karena bapak saya juga sempat jadi korba FB di hack oleh orang2 yang mencari rejeki secata tidak halal…jadi intinya pembeli dan juga penjual harus pintar dan jeli…saya juga belajar berbisnis online tapi moto saya adalah kejujuran karena saya yakin kejujuran mata uang yang berlaku di seluruh dunia ^_^ waspada harus selalu qt lakukan baik jadi pembeli dan penjual…

  27. iqbalparabi says:

    Hati-hati juga dengan modus ‘kena pemeriksaan bea cukai jadi harus bayar bea cukai dan atau barang nyangkut di bandara’

    Makasih sharingnya πŸ™‚

  28. Ome VD says:

    Saya juga barusan ketipu. Saya bukan orang bodoh e ketipu juga ha ha.

    Tadinya saya mau beli camera pocket di http://www.sinarkamera.com/
    ini contact ny
    08787 5811 777
    saya juga telah transfer ke rek mandiri
    a/n rezky arifian 900.00.0399.7674
    saya trnasfer 1.740 jt. Saya lihat memang lebih murah banget harganya, tapi kalo saya bandingkan dgn harga di luar msh bisa reasonable. Eh ketipuu… : )
    saya berharap tdk ada lagi yg ketipu sama orang ini he he..

    • Ome VD says:

      Saya bertanya-tanya apakah cukup membantukah apabila melaporkan kasus2 yg dialami ini ke polisi??

      bagaimana cara yg tepat ya?

      • Zka says:

        Sebaiknya memang dilaporkan saja, walaupun tidak ada jaminan laporan anda akan di follow up.. Harapannya adalah semakin banyak laporan yang masuk lama-lama akan di perhatikan juga

    • gambot says:

      Sepertinya sinarkamera.com ini dikelola oleh penipu yg sebelumnya mengincar korban melalui situs mediaglobalshop.com. Nomor kontaknya memang berubah, tp kalo rekeningnya sepertinya msh menggunakan rek yg sama, khususnya yg bank mandiri, a.n Rezky Arifian, 9000003997674. Kalo sy telusuri, komplotan yg sama jg menjaring korban melalui tokobagus.com dan situs2 jual beli sejenis.
      Teman kantor istri sy pernah ketipu 6,7jt beli kamera buat kantor. Pernah mencoba melacak alamat yg dikasih penipu, ngakunya di Psr Baru, tp stlh ke sana nihil belaka. Udah lapor ke bank mandiri, apa bisa diblokir rek-nya, tdk bisa tanpa laporan k polisi. Cuma si CS banknya mungkin karena kasian kasih clue kalo si pemilik rekening ini beralamat di Ciputat. Sy coba ikut bantu telusuri dg berpura2 mau beli, cuma bisa mengorek informasi klo rek ini dibuka di mandiri cabang ciputat center. Kasus ini sdh dilaporkan ke polisi oleh teman kantor istri sy (ke Polda Metro malah, langsung ke div. cybercrime). eh disana malah diketawain dan dibilang kok bisa2nya ketipu? (cape deh) … tp kata teman kantor istri sy laporannya akhirnya tetap dibuat juga. Cumaaa … tindak lanjutnya? gelap … segelap masa depan negeri pada bedebah ini πŸ™‚

  29. budi nugroho says:

    mw tanya donk<toko keyzha cellular,almt jalan bunga raya Blok 7 no 47 Nagoya Kota Batam an pemilik Drs.H Onhar saputra apakah legal atw tidak legal, soal ny beliau mencantumkan SITU

  30. budi nugroho says:

    1 lagi, apakah nomer surat ijin tempat usaha yg tertera di sertifikasi itu selalu sama

  31. wayan says:

    gan mo tanya klu jimmy alfian itu bener gak gan
    http://on-lineshop1.blogspot.com/

    ane tertarik tapi masih ragu
    mohon infonya gan

  32. Budi says:

    Hati2 dg yg namanya online shop ini ni suryablackbery,coz ane habis kena tipu ni,2jt 500 duit ane melayang,janji 2 hari brg blum dtg2,no resi nya palsu,ech tadi ane d suruh byr pajaknya lg 500rb,dasar iblis mdh2an z cepet ketangkep tu org,ini no hp nya 085294352888 trus ini no rekeningnya BRI 0509-01-023164-50-0 atas nama HENDRI,hati2 z

  33. albert says:

    On-lineshop1.blogspot.com

    Saya baru aj ketipu, awalnya nanya” dibales cepat, habis bayar besok dfia bilang dikirim, trus dimintain no.resinya nggak dikasi”
    kita musti ngapain ya?

  34. masdi2t says:

    satu lagi ni, norek tidak berani dicantumkan πŸ™‚

    http://rheskyshop.blogspot.com

    • reza says:

      gimana rhesky shop itu gan, bis dperc gak..?? Gw uda mu transaksi soalnya.. gw taya a tmn gw yg di batam emang bener ad toko sesuai alamat nya.. Mohon bantuan nya gan. Thx

  35. emillia says:

    saya baru aja tertipu.kan ada teman saya mau beli hp samsung galaxy. jdi minta bantuanku untuk mengirim uang ke no rekening penjual tsb. katanya barang uda dikirim setelah beberapa jam tiba – tiba ada polisi telepon katanya brg itu brg ilegal dan saya bisa di jeratkan hukum. kemudian polisi tsb bilang klu tdk mau di laporkan ke polda saya wajib mengirim uang 1.5juta supaya mereka tutup mulut. saya harus bagaiman yah?? tolong kssih saran.. thanks

    • Zka says:

      Bilang saja anda siap bayar 5 juta asal jangan dilaporkan ke polisi, syaratnya pembayaran 5jt tersebut anda akan berikan secara cash.. Pasti dia ngga akan berani. Heheh

  36. Muhammad David says:

    http://www.kaskus.co.id/post/51383e9d532acfab3e000009#post51383e9d532acfab3e000009

    akun ini beneran ngga? takut tertipu. Mohon sekali bantuannya

    #terimakasih

  37. reza says:

    Mohon batua Gan atas website OLSHOP ” RHESKY SHOP ”

    http://www.rheskyshop.blogspot.com/

  38. apes deh says:

    bener tuh bikin kesel nah no hp ku terus ditelp kepksa gue ganti dia berbagai cara nelpon trus..tp gmana alamat asli kita gpp tuh

  39. Aba Naura says:

    Mas numpang tanya neh,kira2 ni web meyakinkan gak menurut mas? http://www.stevn-olshop.web.id/ trims…

  40. akhnal says:

    teman mohon informasi klo toko online ini, http://www.nagoyaolshoping.com, penipu ato tidak? harga yg ditawarkan sangat miring. masak bb z10 yg baru aja di luncurkan merekaa patok dgn harga 3,4 juta. dan anehnya mereka sudah memamerkan macam2 model bb 10 baru yg bahkan belum ada disitus resmi bb.dan saya mendapat promosi ini dari sms dari no tidak di kenal. Tapi mengenai smartphone murah teman saya pernah beli samsung galaksi s3 cuma 3,5 jutaan, tapi di malaysia. disana mereka jual hape di kaki lima dan saya cek barangnya emang ori.

  41. Zka says:

    Prinsipnya kalau tidak yakin ya jangan beli

  42. Vhizhenia says:

    gillaaaaa….ya…kesel banget saya ketipu dengan akun fb yang bernama Handoko Shop nih link nya http://www.facebook.com/handoko.shop3?ref=notif&notif_t=friend_confirmed

    1.700.000 ludesss dess dess… hati2 agan2 sista2 bener2 ya oknum ini katanya domisili di Batam…. saya berharap para aparat kepolisi tegang melacak ratusa penipua di dunia maya bener2 kurang ajarrrrrrrr…. Astagfirlloh sejahat itukah sesama saudara se Indonesia…

  43. Terimaksih atas pengalaman2 yg diceritakan teman2 disini..sy jg salah satu penjual online shop .belum cukup 1 bulan sy memulai usaha ini..sy lihat dari semua komentar teman2 kebanyakan baxak yg tertipu umumx dibidang multimedia..Sy sering jg mendapat sms promosi langkah yg sy lakukan yaitu segera sy search digoogle benar atau penipuan..bgitulah cara sy..jika teman2 ingin berkunjung keolshop sy tunggu kehadiran kalian di http://www.kaosoriginal.com..owner mohamad Hatsir..makasih ya

  44. pitasari says:

    saya mau tanya kemarin saya beli samsung L900 di toko nabila shop jogjakarta dan sudah transfer 1jt terus sekarang ada yang telepon an nama bapak Lukman Sarmono dari Beacukai Tangerang dan barang nya di tahan sama dia dan kalo tidak ditebus sebesar rp 3.8jt akan diproses secara hukum dan dikasih ke jaksaaan…itu penipuan atau bukan…

  45. intan says:

    Tolong http://www.sinarshop.tk nipu gaa?? Saya rencana mau beli galaxy tab disitu.. Tolong yang tau infonya..

  46. astree says:

    PAdaaa kepo !!!
    Hari gini belanja yang pasti adja deh,olshop kaya gt tu abaikan,accoun2 fb nyaa juga penipu,masih komplotan penipu Δ΄Ρ‡ΔŸΓ₯,jangan tergiur sama harga murah,kalo gag mau d bodohin sama orang2 gag berpendidikan kaya mereka,yang cuman nyari duit HARAM !!!!! Thankz

  47. puji says:

    @ pitasari

    thx sist, atas di sharenya pengalaman anda. saya juga berencana mau beli di nabilashop, tapi melihat pengalaman anda. saya akan urungkan.

    @ mimin

    thx juga min… nice info.

  48. ajiku says:

    mau beli disini tapi was-was..murahnya kebangetan gan..tempat di balikpapan..tipu2 gak gan?thks

  49. sari n says:

    Mohon bantuannya dong, tapi bukan jual barang elekrtronik sih tapi tas.
    Kalau http://www.warungbutik.com kira2 benar2 ada atau tidak ya? Thx

  50. melda silvana tari says:

    Hati2 dengan
    ! Fajar R. A. | +6287778889671 pin bb 2A2522DC..penipu..saya sudah trasfer uang kedia tp smp detik ini barang yg saya beli blm dikirim..saya tlp tp tdk diangkat,bbm saya tidak d read..apa saya harus laporkan dia kepihak yg berwajib ya?tolong masukannya..terimakasih

  51. dels says:

    Pada tgl 28 MEI 2013 siang saya kena tipu oleh situs http://www.sellerhandphone.com nama bbmnya super-online pin 29552533 dan dgn no tlp 087868570667 saya ke tipu 4,4 (empat juta empat ratus ribu rupiah) untuk pembelian ipad mini 32GB hati2 awalnya dia blng bisa COD di tamini square bayar dp 50% dan apabila kurir datang dan mengantarkan barang ke saya baru sisanya cash kasih ke kurir tapi apa.saya sudah sampe di tamini dan di tlp harus melunaskan 4,4juta setelah saya transfer kurir tidak datang kontak bb saya di hapus dan di tlp tidak di angkat.bila disuruh transfer ke rekening ini 0224991746 bank muamalat ats nama zainu rafasa.saya sudah laporkan ini ke polsek ciracas dan bank.semoga org ini Tidak Berkah dan mandapat Ganjaran yg sesuai.

  52. Dewi says:

    Habis ketipu juga 6,4 juta πŸ™ rencana beli kamera,, sedih bgt. Atas fahmi onshop,, akun fbny uda didelete..pengalaman smg ga terulang pada teman2 yg lain. Awalnya ud transfer 2,9 juta eh no. resi pengiriman ga dikirim-kirim, ta tlp lagi, dikirimin no resi yg salah, trus ta tanya lagi katanya barang dicancel krn barang yg terkirim dua unit, dan harga ny 3,5 juta. dia suruh kirim 1,7 buat jaminan krn niat biar cepet aja urusannya ta transfer saja trus dibilang barang ud nyampe d kotaku, tapi sblm brg dkasi suruh lunasin lagi 1,8 juta, ta turutin aja.. ternyata cuma ditipu,, duh macam kaya org bego bgt. Ya dikhlasin aja, ga lapor polisi juga, biar saja org itu akan kehilangan lbh banyak dr yg dia terima, dan akan dpt karma dr Tuhan.

  53. brian says:

    sekali lg tolong di lacak frend..pirda shop online,jl kerta jaya raya no72 surabaya..kl bs laporin ke polisi lh,,soal nya ane jauh euy daerah subang jawa barat..tkt nya ane dh kena tipu,,no rek bank BRI A\N BUDI DARSONO CAB SURABAYA..NO REK 340901021063531..tolong di bantu ya rek…

  54. setiawan says:

    bneran gak tuch..pha sama2 penipu jg

  55. ummi aica says:

    wach, udah pd share ada yg udah ketipu, tp kenapa ya no.REK penipu msh aktif dan msh banyak lagi yang jadi korban

  56. bay says:

    bagi temen2 agar tidak tertipu, jangan belanja online….

  57. ali says:

    Lalu gmn caranya yah http://www.sellerhandphone.com bisadapat banyak rresi jne?

  58. balon says:

    gan, kalo reputasi bhinneka.com dan camera.co.id gimana yaaa???thanks

  59. balon says:

    gan, kalo reputasi bhinneka.com dan camera.co.id gimana yaaa???thankyu

  60. Sonet Witjaksono says:

    Dengan hormat,
    Mhn tanya,
    Adakah toko/penjual hp online yang terpercaya dan tidak menipu ?
    Barangkali saya boleh tahu daftarnya,
    Terima kasih sebelumnya.
    Hormat saya,
    Sonet Witjaksono.

  61. nug says:

    Intinya jgn tergiur hrg murah.. Selama ini alhamdulillah sy sering belanja online dan gak pernah ketipu,krn tujuan sy beli lewat online utk cari barang yg tdk tersedia di toko2 di kota saya. Bukan utk cari hrg miring..meskipun seringkali sy juga dpt hrg yg lebih murah.. Lazada,rakuten,oktagon,tokocamzone,digitalpoins,modemku,tokomodem asli toko online. Hrg realistis kalau mujur ya dpt lebih murah sedikit..

  62. Toko Batik says:

    memang harus berhati-hati kalo belanja online

  63. nikmah says:

    gan gimana ya caranya uang yang sudah dicairkan oleh si penipu bisa kembali..
    tolong tips nya gan

  64. lisa says:

    Mau tanya donk, http://www.tas123.com penipu ngga ya? mau jadi reseller di situ . makasi

    • Zka says:

      Terus terang saya belum pernah bertransaksi di situ. Mungkin kalau anda mau jadi reseller, ada baiknya melakukan pertemuan offline dulu dengan pemilik websitenya.

  65. ade says:

    mau tanya dong, kalo misalnya baru ketipu gitu ada pihak lain ngga yg berwenang selain polisi buat ngelaporin hal itu?? tlg infonya ya.

  66. anggah says:

    Klo web yg ini gmm gan?
    Olshopjayaselalu.blogspot.com
    Bnr2 terpercaya atau tidak?
    Saya udh mnta cod dia blng prnh ketemu Sm org bea cukai Dan dia kena denda..mohon infonya gan..

  67. Galang says:

    permisi gan kira2 alamat ini penipuan ga
    Alamat toko: Jln.millenium No:27 Blok: A7,Teluk Tering,Nongsa Riau 29461 kota batam
    saya mau beli camera dslr canon 60d seharga Rp 1.900000 padahal harga aslinya 8jt
    saya masih ragu gan, tolong pencerahannya

  68. jatiska says:

    ya ni ane az baru ketipu tgl 23januari 2016,,,dengan belnja barang BM di bandungonlineshope(jimmy alfian)
    hati2 az untuk semua…pokonya kalo harganya jauh banget dan ga mau cod mendingan ga usah jadi,bahkan ada lagi dengan menawarkan harus beli dulu harga yg paling rendah misal.500rb baru dia mau cod..klo emng bener ngapain juga ada syarat…

  69. nina says:

    Toko VINOLIA SHOP-Pusat Online JAKARTA (sinarelektronik-16.blogspot.com)dengan pin BB 25B82BF8 no hp 082331654000 menawarkan berbagai harga promo HP 1 jutaan .Seperti biasa stlh kita order barang dengan format yg telah mereka sediakan uang kita transfer ke No rek 686701017019535 Bank BRI a.n Raihan Aprianto jumlah 1 juta
    Setelah uang mereka terima, pihak dari Vinolia Shop telpon ke kita dengan mengatakan barang akan kita kirim setelah kita kembali mentransfer uang jaminan garansi HP sebesar 1.950.000 dan nantinya uang jaminan tersebut akan dikembalikan ke kita..
    Dan setelah uang jaminan mereka terima, kita disuruh ke ATM untuk cek apakah uang jaminan sdh masuk belum..Tapi dengan cara kita suruh masuk ke menu ATM Registrasi Online Banking dengan memasukkan no Hp dari Pihak Vinolia Shop..Aneh bukan????
    Kata mereka menu regristrasi itu buat resi pengiriman online dan dari HP mereka bisa tahu apakah uang tersebut sdh masuk ke rekening kita..(Kalo menurut saya agak janggal)
    Dan akhirnya barang tidak dikirim, ditagih terus tidak ada jawaban cuma di Read aja (via BB)..
    Jangan terkecoh dengan Online Shop yg menawarkan HP Murah..

  70. Dimas Ws says:

    Gan ane mau tau dong tentang nabila shop yg bertempat di Batam itu ane pengen beli kamera hargannya miring bgt… Infonya dong ane dapetnya di facebook ane udah invit pin nya tapi ane blom bli klo tdy komen yg diatas kan beli hp dinabila shop asal yogyakarta nahh klo ane yg dr batam tolong view masukannya dund… Pliss

  71. Dimas Ws says:

    [Nabila kamera] maksudnya, ada di facebook

  72. AHDI says:

    gan, sist, tolong di check dong
    nma facebook C.e.s black market.
    itu penipuan atau bukan?..
    PLIIISSSS πŸ˜‰

  73. agaan says:

    Gw lg binggung nih yg namanya dewi electronik batam itu penipuan gak sih tp sebelumnya ia beneran kasih gambar barang yg mau dikirim udh dipacking tapi pas sya minta no resi bbmnya ckls dan telp pun gak dijwb2 parahhhh… Pdhl udh transfer 1jt ihhh sedih duit melayang… Tolong info dong tentang dewi electronik batam..?

  74. norman says:

    agan”…
    kira ” ada yg punya Info tentang rosida phone yg beralamat WTC SUrabaya lt.2
    tolong inf nya ya… sebelum ane trans dana lewat virtual account BRI..
    THanks

  75. zzzz says:

    Gan kalo para penjual bm ada alasan ribet kalo cod knapa gak pake pihak ke 3 aja seperti tokopedia itu kan bisa jual beli barang bekas ato baru dan itu perantara yg resmi

  76. sofik says:

    ya bener sekali beberapa wwaktu ssya juga pernah mengalaminya nominal 1.200.000.- pengakuanya dari batam an dias online shoap dia menawarkan promo gatged semua merk. namun sampai kiini barang ndak pernah saya teerima. ketika saya nanya mintanomer resi expedisi yang kataanya JNE dia tidak pernah ngasih itu. Dias shoap lokasi di Batam adalah Penipu

  77. Smart Buyer Solo says:

    Saya nggak setuju dengan apa yang dikatakan Sdr.Yohan. Saya wanita, ada satu baju yang saya dari dulu pengen bgt. Saya sudah nemu di IG ada yg jual. Kebetulan setelah saya kontak, yg jual satu kota dengan saya. Yasudah saya tawarkan COD, bukan COD sebenarnya, tapi saya tawarkan saya nyamperin dia. Eeeh, malah gamau, maunya transfer dan lewat jne. RIBET BGT ! Padahal saya pengen baju itu udh dari lama, yasudah saya ga jadi beli karena kerempongan san keribetan yang ditawarkan penjualnya. Alay bgt deh, cuman baju sepotong aja sekota harus jne blablabla. Tips buat olshop yg lain yg gamau COD satu kota, boleh sih tapi lihat2 dulu siapa buyernya, minta alamat lengkap, identitas dsb, jangan asal kekeuh gamau aja. Kalo yg kaya gini kan menyulitkan buyer yg memang jelas2 mau beli seperti saya bukan org tipu2. Dan juga berarti kalian (olshop yg nggak mau COD satu kota padahal buyernya serius dan jujur) sudah menolak rezeki karena kerempongan kalian sendiri, jangan salahkan kalau pendapatan kalian ga maksimal. Sekian.

  78. unul says:

    Hai gan hari ini saya habis ketipu 1 juta gara2 saya tergiur dengan harga kamera yg miring bgt
    Tp apes nya setelah saya lumasin sorenya saya di tlfn orang be cukai dengan nomer +62816376713 ngakunya orang bea cukai yg sita barang saya…jika barang saya ingin dikirim saya harus mentransfer sebesar 2.7juta tp saya abaikan tp orang itu tlfn saya 2 kali dan sempat ngancem….saya brosing kalo orang bea cukai gak mungkin tlfn make hp biasa…ati2 cahaya.com area bandung
    Sedih 1 juta melayang

  79. dhino says:

    saya mau nanya ada online shop yg jual hp ke saya dengan harga sangat murah, tetapi dia berani pake rekening bersama di tokopedia, dan tokonya sempat kena moderasi

  80. ila says:

    gan/sis.. aku mau beli hp via online shop di akun https://mobile.facebook.com/Smartphone-Shop-Kita-1470117566346735/?_rdr

    harganya miring banget katanya gara2 barang2nya BM (black market).. itu akun tipu-tipu gak? mohon sarannya ..

  81. regit says:

    batam city square (BCS) mall jl.bunga raya (baloi)batam kepulauan riau 29441 kslo toko ysng alamatnya ini penipu ga?tolong jawab yaa

  82. regita puspitasari says:

    batam city square (BCS) mall jl.bunga raya (baloi)batam kepulauan riau 29441 kslo toko ysng alamatnya ini penipu ga?tolong jawab yaa

  83. Anif says:

    Bisa mnta tolong ngga gaes,,saya lagi tergiur bgt sama olshop STUDIO PHONE, lokasi di bali (saya nemu di tokopedia tp sekarang kyanya sdh ngga ada). Toko ini sering bgt bc lwt bbm soal hrga smartphone BM. Sbnarnya sh sya sngat meragukan,tp entah knpa sya msh sangat tergiur sma list harga yg ditawarkan. Barang kali ada teman2 disini yg punya info soal toko ini. Oia ini pin bbm yg punya olshop 25C9EA0B

  84. viy says:

    Ada jugaaa ni yg kena tipu temen aku di line oa @INTERNET PUAS ( ilham prasti) Jual kuota murah tapi ternyata penipuan .
    Blm lama temen aku tf 100rb via bank bca untuk kuota 30gb 1th tapi ternyata stok kosong dan harus nambah tf 60rb lg via pulsa.
    Tp kuota gadikirim2 sampe sekarang

  85. Hong says:

    Saya dapat pengalaman bagus nih, nih penipu sekarang tambah berani awalnya mau diajak transaksi via rek shopee, setelah saya transf di shopee penjualnya bilang kalau barang akan segera dikirim jam 15.00 setelah ditunggu akhirnya nongol deh alasan kalau program shopee nya dia sedang bermasalah jadi ngga bisa transaksi di shopee, minta pembayarannya ditarik dari shopee terus minta dikirim ke rekening nya dia (ngakunya rek boss nya) . Saya bilang kalau pakai rek pribadi transaksi saya batalkan, dia bilang ngga bisa dibatalkan karena barang sudah dikirim lewat jne pakai pesawat , saya cuma ketawa aja. Terus saya bilang eh gini kalau mau nipu saya lbh pinter lagi ya, anda kurang pinter levelnya, kalau barang sudah dikirim mana no resinya? (penjual) bilang no resinya dibawa boss nya karena mau di laporkan ke shopee nya utk transaksi (boong banget). Saya bilang kalau sudah terlanjur dikirim ya beruntung dong saya kalau dapat barangnya, salah siapa ngga ngikuti perjanjian awal utk bayar lewat shopee. Ane tinggal nyinyir aja tuh penjualnya πŸ˜€

  86. romadanni says:

    Ini Data penipu jual HP murah
    nama Hafri maulana BB : D5A2B222 atau DDDD222 atau D7FC5777
    Hp : 082296465716 rek BNI : 0504154233
    rek BRI : 510201012863530 rek BRI : 506801037146535
    Alamat : Polewali kajuara Bone Sulsel lahir 5 okt 93
    no KTP : 7308030510930003
    Saya udah kena tipu di toko online. saya beli hp bm j2 prime dgn harga 380 saya beli dua sama temen saya. jadi total kerugian saya 780+ barang tidak dikirim. kontak bbm di delcon. Waspada dan hati hati. segera lapor polisi

  87. ryan says:

    Mau tanya dong min,online shop atas nama jimmy alfian penipu gak?
    Web nya On-lineshop1.blogspot.com
    Soalnya dari tahun 2012 sampai 2017 ini no.hp nya juga tetap sama,liat website nya juga menjanjikan gitu,tapi saya ragu

  88. Yurika says:

    Numpang tanya, kalau disitu β†’ http://bandungonline1.blogspot.co.id/2012/08/on-line.html?m=1 trusted enggak?

  89. hanny says:

    mau tanya dong, kalau beli di instagram @applestuff90 itu penipu apa bukan ya? ada yang udh pernah beli disana?

  90. Delvie says:

    Gan tolong bantu di cek dong..apakah online shop ini penipu atau bukan..terimakasih

    https://www.facebook.com/pg/hariangadgetcf/about/?ref=page_internal

Trackbacks/Pingbacks

  1. Refleksi Awal Tahun: Penipuan Semakin Beragam | Neoteker: Indonesia IT Community - [...] dari statistik, artikel yang paling sering dibaca dan dikomentari adalah Tips Mengidentifikasi Online Shop Penipu. Seiring menyebarnya penggunaan internet…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *