Tutorial: Membuat Penyingkat Tautan (Short Link) dengan Domain Name Sendiri

Saat ini, sebagian besar dari kita memiliki paling tidak satu akun kejaring sosial. Entah itu akun jejaring sosial di facebook, twitter, google buzz, foursquare atau jejaring sosial citarasa lokal dan berbasis global seperti koprol dari yahoo.

Dengan adanya situs jejaring sosial tersebut penyebaran informasi semakin mudah dilakukan. Apabila anda membaca suatu artikel menarik pada suatu website dan anda ingin rekan jejaring anda mengetahui informasi tersebut, anda cukup menyalin tautan dari web tersebut dan mem-paste alamatnya pada situs jejaring sosial anda. Namun cara ini seringkali mengalami kendala yaitu alamat tautan yang hendak anda sebarluaskan terlalu panjang, sementara beberapa situs jejaring sosial seperti twitter membatasi jumlah karakter yg dapat anda tweet. Dari pemasalahan seperti ini lah beberapa jasa penyedia penyingkat tautan (shortlink generator) hadir.

Bit.ly, TinyURL, t.co dan lainnya adalah beberapa provider shortlink generator yang sudah cukup terkenal. Dengan fasilitas dari mereka, suatu tautan yang panjang dapat dipersingkat menjadi beberapa karakter saja sehingga selain menyebarkan tautannya, anda juga tetap bisa menambahkan opini pribadi anda.

Artikel tutorial kali ini tujuannya adalah membantu teman-teman yang ingin tampil unik dengan short link generator dengan nama domain pilihan sendiri karena bagi beberapa orang dan perusahaan, cara ini dapat memperkuat brand mereka. Sebagai contoh kita dapat melihat pada situs Detik.com dengan short link de.tk atau Google dengan goo.gl dan tidak ketinggalan Neoteker dengan neot.kr 🙂

Pembuatannya tidak akan sulit karena dalam tutorial ini kita akan menggunakan fasilitas dari bit.ly/pro yang dapat kita gunakan secara gratis.

Kita mulai tutorialnya. Hal-hal perlu dilakukan dan disiapkan adalah:

  1. Akun di bit.ly/pro. Seperti yang saya jelaskan di atas, aku ini dapat kita peroleh secara gratis. Pada awalnya mungkin kita tidak bisa langsung mendaftarkan akun yang Pro tetapi ini bukan masalah, karena melalui fitur setting, kita dapat mengubahnya menjadi yang “pro”.
  2. Domain name yang anda pilih sebagai basis short link generator.
  • TIPS:
  • Untuk melihat TLD/cc-TLD yang ada anda dapat melihatnya pada daftar berikut.
  • Pilih lah domain name sesingkat mungkin tetapi masih terkait dengan domain utama anda. Contoh: domain de.tk tentu masih terlihat terasosiasi dengan web Detik.com atau domain neot.kr masih terasosiasi dengan Neoteker.or.id. Bingung mencari ide? Silahkan kunjungi web domain.nr
  • Sebaiknya anda membeli domain name dari cc-TLD karena domain name pada TLD kemungkinan besar sudah habis.
  • Pilih cc-TLD yang dimungkinkan dimiliki oleh warga negara asing, karena tidak semua cc-TLD bisa dimiliki sembarangan orang.

Dengan asumsi anda sudah menentukan pilihan domain name (kalau belum, cari inspirasi lagi di web domain.nr) dan telah melakukan pembelian domain name tersebut, cara selanjutnya sangat lah mudah, yaitu:

  1. Buat lah DNS A record dari domain name singkat anda yang di- point ke 168.143.174.97.
  2. Untuk memastikan bahwa domain name anda sudah mengarah ke alamat IP yang ditentukan coba gunakan command line $ hostname [domain name singkat anda]. Langkah anda sudah benar kalau hasilnya adalah domain name anda mengarah ke alamat 168.143.174.97.

TIPS:

  • beli lah domain name dari penjual yang memiliki reputasi baik dan menyediakan fasilitas free domain parking.
  • apabila tersedia pada penjual domain name anda, langsung saja arahkan nameserver-nya ke nameserver milik domain name anda. Ini akan mempermudah anda dalam melakukan pointing A record-nya.
  • kalau anda tidak familiar dengan aspek teknis DNS-nya, anda bisa mengirimkan email ke pengelola nameserver anda dan cukup meminta “Please set/add my DNS A Record of [nama domain anda] to 168.143.174.97”
  • biasanya diperlukan waktu 1-5 menit bagi server untuk memperbaruhi DNS mereka sehingga domain anda ter-point-kan dengan sempurna ke alamat IP 168.143.174.97.

Apabila urusan teknis sudah selesai, silahkan kembali ke web bit.ly dan mengisikan informasi mengenai “Custom Domain Settings” seperti gambar di bawah.

2

pada bagian isian tersebut, isikan alamat domain singkat anda lalu tekan “add” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Apabila urusan teknis pengaturan A record anda sudah tepat, anda cukup melakukan verifikasi dengan memilih tombol “verify” lalu memilih “start over”  dan selesai dan seharusnya akun bit.ly anda sekarang terlihat menjadi seperti berikut.

3

 

Demikian tutorial mengenai cara pembuatan tautan singkat dengan domain name sendiri melalui fasilitas dari bit.ly.

Apabila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat!

 

One Response to “Tutorial: Membuat Penyingkat Tautan (Short Link) dengan Domain Name Sendiri”

  1. NURFiY says:

    Minta saran donk min untuk penyedia jasa domain yg recommended dmn ya?

    Saya mau pake shortlink nurfiy tapi tak ada penyedia dr indonesia, adanya luar negeri 🙂

    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *