Tutorial: Remote Desktop Connection pada Windows 7 Home Premium

Dalam seri tutorial kali ini, kami akan coba menjelaskan bagaimana melakukan remote desktop connection (RDT) ke PC/Laptop yang ter-install Microsoft Windows. Sebenarnya melakukan RDT ke sistem operasi Windows tidak lah sulit, artikel pada website ini juga sudah menjelaskan tutorialnya secara mudah. Permasalahan timbul ketika PC/Laptop yang akan di-remote tidak mensupport RTD by default. Pada website Remote Desktop Connection: frequently asked questions pada website Microsoft dijelaskan bahwa kita tidak bisa melakukan RDT ke PC/Laptop yang terinstall Microsoft Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium. Apabila kita ternyata tetap ingin melakukan RDT ke PC/Laptop dengan sistem operasi tersebut, pilihannya hanya dua, yaitu: (i) melakukan upgrade ke Windows 7 Professional,Windows 7 Ultimate, atau Windows 7 Enterprise dengan konsekuensi anda harus mengeluarkan uang sekitar U$50-135 dan juga harus melakukan install ulang karena Windows Anytime Upgrade tidak mensupport Indonesia; atau (ii) melakukan patch terhadap Windows 7 Home Premium agar dapat menjadi host RDT. Dalam tutorial ini, kita akan memilih yang kedua.

Persiapan

Pertama-tama kita harus mengaktifkan fungsi pada Remote Setting dengan cara mengakses Computer > Control Panel > System and Security > System kemudian memilih “Remote Setting” dan men-check [v] opsi Allow Remote Assistance connections to this computer. Atau dari logo Windows > search bar, kita cukup mengetikan “Windows Remote Assistance”.

Mengaktifkan "Remote Desktop"

 

Setelah itu, ada baiknya anda melakukan restart, karena ini Windows 🙂

Patching RDT

Untuk mem-patch RDT Windows 7 Home Premium, kami menggunakan Concurrent RDP Win7 RTM patcher. Pada awalnya patch itu ditujukan agar pada saat yang bersamaan terhadap 1 PC/Laptop dapat dilakukan beberapa RDT, tetapi ternyata patch-nya juga bermanfaat agar Windows 7 Home Premium dan 7 yang lainnya dapat menjadi host. Proses patching-nya cukup sederhanya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Download patch-nya di sini.
  2. Unzip file-nya dan anda bisa melakukan “Run as administrator“. Jendela command prompt akan terbuka, dan anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Setelah terlihat bahwa “service is listening on port 3389”  seperti gambar di bawah, berarti anda sudah berhasil.
  3. Patching Mulai


    Patching Sukses

  4. Sekarang anda perlu untuk menambahkan rule pada Windows Firewall and Advance Security (logo windows > search bar > type Windows Firewall and Advance Security). Pilih opsi “New Rule” pada tab “Inbound Rules” tambahkan port 3389 (pada protocol type TCP).
  5. Menambahkan Rule pada Firewall

    setelah ini, kami sarankan kepada anda untuk melakukan restart lagi. Ingat, ini Windows 🙂

     

Uji Coba RDT

Dalam uji coba ini, kami menggunakan iMac dengan MacOS X 10.6.7 dan menggunakan aplikasi CoRD yang dapat diperoleh secara bebas dari website CoRD – Source Forge. Pada aplikasi CoRD, anda cukup memasukan alamat IP dari Laptop/PC yang akan di remote. Apabila koneksi berhasil, maka anda telah berhasil melakukan RDT ke Windows 7 Home Premium (atau os Windows lainnya yang “tidak diberikan akses” oleh Microsoft untuk menjadi host RDT).

Remote Dekstop Sukses

 

Demikian tutorial dari kami. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Salam hangat. Semoga bermanfaat.

 

5 Responses to “Tutorial: Remote Desktop Connection pada Windows 7 Home Premium”

  1. mazdik says:

    File yg mau di DL udah gak ada, bisakah sy dikirimkan filenya …

  2. Rio says:

    filenya sudah tidak bisa didownload, klo bisa linknya

    klo gak bisa tolong kirim ke E-mail saya

    thanks gan

  3. oyong says:

    filenya sudah tidak bisa didownload, klo bisa linknya

    klo gak bisa tolong kirim ke E-mail saya

    thanks gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *