Update Manual Android Marshmallow pada Nexus 6

Tutorial ini ditujukan buat yang tidak sabaran untuk menunggu OTA update Android Marshmallow pada Nexus 6. Padahal, kemungkinan besar tidak lama setelah artikel ini ditulis, OTA update akan menghampiri Nexus 6 kalian.

Untuk meng-update Nexus 6 dalam tutorial ini, tidak diperlukan android yang sudah di-root alias, Nexus 6 yang akan digunakan untuk di-update masih berupa stock ROM. Update menggunakan fitur sideload ini juga tidak akan menghapus file/app yang sudah ada. Bagi yang belum terbiasa untuk menggunakan ADB command, silahkan merujuk pada artikel di Android Central berikut ini.

Langsung saja kita mulai tutorialnya.

APLIKASI YANG DIPERLUKAN

  1. ADB (Android Debug Bridge) yang bisa diperoleh dari Android SDK atau kalau hanya butuh ADB-nya saja, silahkan download di sini. Setelah download, langsung di install saja. Tips: perhatikan di mana anda menginstall ADB tersebut, kalau menggunakan Android SDK, biasanya ter-install di C:\User\$Nama User$\AppData\Local\Android\android-sdk.
  2. Driver Android untuk Windows bisa di download di sini. Untuk sekedar catatan,  Windows yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah Windows 10, namun saya asumsikan driver tersebut juga tetap bisa digunakan untuk Windows 7/8.
  3. OTA update Android Marshmallow untuk Nexus 6 yang sudah di-compress yang bisa di download di sini. Tips: setelah ter-download, rename file tersebut menjadi update.zip dan simpan di folder yang sama dengan ADB yang telah di download pada angka satu untuk mempermudah proses update nantinya.

PERSIAPAN PADA HANDSET ANDROID

  1. Aktifkan fitur USB Debugging pada Android anda dengan cara sebagai berikut: mengakses Setting > About Phone,  lalu tap Build number sebanyak tujuh kali sampai ada tulisan “you are now a developer“. Kembali kebagian Setting cari Developer options lalu aktifkan USB debugging.
  2. Colokkan handset Android ada ke PC/laptop, dan periksa di bagian Device Manager pada PC/laptop anda apakah Android anda sudah dikenali? Kalau ada device yang belum terdeteksi oleh Windows, segera pilih opsi Update Driver Software, dan rujuk driver-nya ke Driver Android yang telah di download di atas. Setelah terdeteksi dengan baik, kita sudah siap menuju proses update Nexus 6-nya. Tips: pastikan android anda hanya terdeteksi untuk keperluan debugging dan bukan untuk transfer data ataupun audio.

PROSES UPDATE NEXUS 6

  1. Akses CMD.exe pada Windows anda lalu pindah ke folder di mana ADB berada.
  2. Untuk memastikan bahwa handset android anda sudah terdeteksi dengan baik, coba masukkan command > adb devices. Apabila sudah terdeteksi, akan ada feedback informasi mengenai device anda.
  3. Reboot handset android ada menggunakan command > adb reboot bootloader.
  4. Setelah handset android anda reboot ke bootloader, gunakan Volume Down untuk melihat opsi Recovery. Pilih opsi Recovery tersebut dengan menekan tombol power. Tips: setelah anda masuk ke bootloader, silahkan cek kembali Device Manager pada Windows anda, kalau ada device yang belum terdeteksi, silahkan kembali Update Driver Software dan merujuk pada folder Android Driver.
  5. Pada menu Recovery anda akan melihat logo robot Android dengan tanda seru dalam segitiga dan terdapat tulisan “no command”. Tekan tombol power dan volume up bersamaan untuk masuk ke menu ADB sideload. Tips: kalau tidak berubah, coba tekan power terlebih dahulu lalu langsung tekang volume up setelahnya.
  6. Kalau langkah pada angka 5 di atas sudah berhasil, kita sudah ada di bagian stock recovery, dan gunakan Volume Down untuk memilih apply update from ADB tekan tombol power untuk mengkonfirmasi. Tips: sekali lagi periksa Device Manager pada PC anda untuk memastikan semua device di dalamnya sudah terdeteksi, apabila belum, kembali lakukan Update Driver Software.
  7. Selanjutnya, pada cmd PC/laptop anda input command adb sideload update.zip (file update.zip ini merujuk pada file yang telah di download di atas).
  8. Handset Android ada seharusnya sudah mulai ter-update. Apabila proses update telah selesai, silahkan reboot handset Android anda untuk menggunakan OS terbaru 🙂

Rujukan apabila handset Android anda tetap tidak bisa terdeteksi.

  1. http://forum.xda-developers.com/nexus-6/help/device-adb-sideload-recovery-trying-to-t3053345
  2. https://www.reddit.com/r/nexus6/comments/2yyfri/nexus_6_not_getting_detected_during/

Demikian, semoga bermanfaat.

One Response to “Update Manual Android Marshmallow pada Nexus 6”

  1. Hans Isme says:

    Where is next news?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *